Laika, makhluk pertama yang dikirim ke luar angkasa - Eskapis Media

Laika, makhluk pertama yang dikirim ke luar angkasa

Laika Makhluk Hidup Pertama Yang Dikirim Ke Luar Angkasa

Laika


Laika : Pada 3 November 1957, Uni Soviet, meluncurkan makhluk hidup pertama ke luar angkasa, yaitu seekor anjing yang di beri nama Laika. Hewan ini diluncurkan dengan satelit buatan Sputnik II dari Baikonur Cosmodrome.

Laika telah di lengkapi dengan monitor untuk memriksa detak jantung dan tanda-tanda vital lainnya. Ia dilaporkan tenang selama jam-jam pertama penerbangan. Para ilmuwan Rusia sangat tertarik pada efek radiasi matahari tanpa gravitasi pada orgasme hidup. Dilansir dari BBC, radio Moskow melaporkan, Sputnik II diluncurkan untuk memperingati 40 tahun Revolusi Oktober dan memberikan rincian tentang isi dan orbit pesawat ruang angkasa.

Sputnik II memiliki berat setengah ton (508 kg) dan membawa instrumen untuk mempelajari sinar matahari dan kosmik, dam suhu dan tekanan. Satelit ini juga membawa dua pemancar radio dan wadah tertutup rapat yang berisi hewan percobaan di dalamnya, serta pasokan oksigen dan makanan.

Perjalanan di tempuh lebih dari 1.500 kilometer (km) dari atas bumi, lebih tinggi dari Sputnik I. Satelit tersebut mengorbit sekitar 8 km per detik dan akan memakan waktu satu jam 42 menit untuk mengelilingi bumi. Satelit ini mentransmisikan sunyal telegraf yang diambil dari stasiun penerima di seluruh dunia.


Organisasi kesejahteraan hewan menyatakan kemarahannya setelah mengetahui Uni Soviet telah mengirim anjing ke luar angkasa. The National Canine Defense League menyerukan kepada semua pencinta anjing untuk mengheningkan cipta satu menit setiap hari selama Laika berada di luar angkasa.


Laika

LAIKA Meninggal Tanpa Rasa Sakit Setelah Seminggu Berada Di Orbit.

Uni Soviet berencana untuk membawa Laika kembali ke bumi, meskipun belum ada pengumuman resmi yang menginformasi hal ini. Seorang ilmuwan Inggris mengatakan, Laika mungkin telah di latih untuk melakukkan perjalanan luar angkasa, tapi tidak mungkin bertahan hidup.


Otoritas Uni Soviet mengatakan Laika meninggal tanpa rasa sakit setelah seminggu berada di orbit. Pada tahun 2002 bukti mengungkapkan, anjing itu ternyata mati karena panas dan panik hanya beberapa jam setelah lepas landas.

Sputnik II yang membawa Laika terbakar di atmosfer bumi di Barbados pada 14 April 158, lima bulan setelah peluncuran. Tiga tahun kemudian, Rusia meluncurkan manusia pertama dengan mengirim Yuri Gargan ke orbit pada 12 April 1961.

Penerbangan Sputnik II membuat Laika menjadi salah satu hewan paling terkenal di dunia. Pengalaman ini memungkinkan para ilmuwan Rusia untuk belajar banyak tentang prospek perjalanan ruang angkasa manusia.
Laika, makhluk pertama yang dikirim ke luar angkasa Laika, makhluk pertama yang dikirim ke luar angkasa Reviewed by MR.ZxxxZ on November 04, 2018 Rating: 5

No comments

Recent