Pendakian Rinjani Kembali Dibuka - Eskapis Media

Pendakian Rinjani Kembali Dibuka


rinjani

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka Kembali

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mempertimbangkan untuk membuka jalur pendakian di Aik Berik, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat karena kerusakan akibat gempa bumi di kawasan tersebut tidak terlalu parah.

Jalur pendakian di Aik Berik merupakan salah satu jalur dari empat jalur pendakian resmi yang selama ini di lewati para wisatawan menuju Danau Segara Anak, dan Puncak Gunung Rinjani. Sementara itu, tiga jalur pendakian lain belum di perbolehkan buka untuk aktivitas pendakian. Yaitu jalur Timbanuh, Sembalun di Lombok Timur, Senaru di Lombok Utara.

Aik Berik adalah vegetasi yang lebat sepanjang jalur sehingga kemungkinan perjumpaan dengan satwa akan lebih besar. Para pendaki juga bisa menikmati keindahan beberapa air terjun di sekitar jalur pendakian. Misal, air terjun di atas awan yang jarang di kunjungi wisatawan.




Ketiga jalur tersebut dalam kondisi rusak berat akibat rentetan gempa berkekuatan 6-7 magnitudo yang mengguncang Lombok 29 Juli – 19 Agustus lalu. Kerusakan yang di timbulkan berupa retakan tanah dan masih adanya potensi longsor di sepanjang jalur pendakian sehingga memahayakkan keselamatan jiwa manusia.

Khusus jalur Aik Berik, hanya ada keretakkan tanah akibat gempa, namun berdasarkan hasil survey masih memungkinkan untuk di lalui  para pendaki. Jalurnya juga relative datar dan masih ada titik-titik sumber mata air yang bisa dijumpai. Berbeda dengan jalur Senaru, Sembalun, dan Timbanuh, sumber mata airnya banyak hilang akibat gempa.



gunung rinjani
JALUR PENDAKIAN Mt. Rinjani

gunung rinjani
Pendakian Rinjani Kembali Dibuka Pendakian Rinjani Kembali Dibuka Reviewed by MR.ZxxxZ on October 24, 2018 Rating: 5

No comments

Recent