Robot ikan yang fungsional juga keren! - Eskapis Media

Robot ikan yang fungsional juga keren!


underwater robot sofi

Ilmuwan MIT meluncurkan ikan robotik dengan dilengkapi kamera, yang mampu melintas bersama ikan asli untuk mengambil rekamannya baik foto maupun video secara dekat.

Terungkap dalam sebuah lembar kertas yang diterbitkan MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL), robot ikan ini diberi nama SoFi, dirancang mirip seperti ikan namun tidak menggangu habitat ikan asli.

underwater robot fish sofi, underwater robot

SoFi telah diuji di Rainbow Reef, Fuji dan dapat berenang hingga kedalaman 50 meter selama 40 menit.

Dibekali motor hidrolik yang mencipatakan gerakan seperti ikan asli, SoFi dapat berenang di kecepatan berbeda. Tubuhnya terbuat dari karet silikon dan plastik fleksibel, komponen lainnya dibuat menggunakan 3D Print, termasuk bagian kepalanya yang berisi kamera.

underwater robot fish sofi, underwater robot

Untuk menyetir SoFi, Tim dari CSAIL menggunakan kontroler Nintendo super waterproof yang menggunakan sistem komunikasi akustik.

Tidak seperti kendaran bawah laut yang membutuhkan bahan bakar juga baling-baling, SoFi hanya butuh baterai polimer lithium, sama seperti smartphone umum.

“SoFi memiliki potensi menjadi alat baru untuk mengeksplorasi ekosistem laut dan juga untuk mengungkap misteri kehodupan laut.” Keren ya?


Robot ikan yang fungsional juga keren! Robot ikan yang fungsional juga keren! Reviewed by rifqy on April 18, 2018 Rating: 5

No comments

Recent