Seru - seruan ke Gunung Prau! - Eskapis Media

Seru - seruan ke Gunung Prau!

Jalan Menuju Gunung Prau.
Wonosobo, Jawa Tengah.

Gunung Prau, terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung prau berada di tengah- tengah kabupaten, Kabupaten Batang, Kendal, dan kabupaten wonosobo. puncak gunung prau merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita lihat di puncak. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. dengan ketinggian 2.565 mdpl.

Perjalanan menuju puncak prau.

aku dan kawan kawan sudah berencana dari beberapa minggu lalu untuk liburan mendaki puncak prau. di jawa tengah. Semua sudah kami persiapkan untuk perjalanan, seminggu sebelum keberangkatan. awal perjalanan di mula dari terminal Kp. Rambutan, Jakarta Timur. Kami jalan pukul 09.00 malam. dan sesampainya di sana, bus menuju wonosobo sudah tidak ada lagi. Dan kemudian kami memutuskan untuk menaiki bus lain, dengan tujuan ke Waleri, kira kira lama perjalanan 12 jam, kami tiba di sana siang hari pukul 13.00 kurang lebih. Disana kami transit bus lagi menuju soekarejo, kemudian, kami transit lagi dengan bus menuju parakan. Kami sampai di parakan pukul 05.00 sore. lanjut lagi dengan bus menuju dieng . Kami merogoh kocek perorang dari kp.rambutan sampai dieng, sekitar 160rb-an.  Lebih mahal dari seharusnya dan dari yang direncanakan. :( huhu

Disana kami tiba pukul 19.30 malam, di basecamp Patak Banteng. menunggu mengurus simaksi (tiket masuk) sekitar satu setengah jam, dengan harga 10rb/orang. Dan kemudian mulai mendaki sekitar jam 8 malam. Kabar baik nya saat kita ke sana pada tanggal 13 Oktober 2018, Gunung Prau sedang ada acara anniversary, sehingga yang mendaki malam hari cukup banyak.

Perjalanan menuju puncak kami habisakan sekitar 5 jam. Tengah malam lebih kami baru membangun tenda, makan dan kemudian istirahat. Keesokan harinya, kami masak sarapan pagi, seadanya apa yang kami bawa dan yang sudah di persiapkan, kemudian mendokumentasikan kegiatan kami di sana, gunung prau ,mendung waktu itu, beruntungnya tidak turun hujan. hanya saja suhu sangat dingin. Siang hari kami turun dari puncak dan sampai ke basecamp menjelang sore. Berkemas sebentar di basecamp, ganti pakaian, dan kemudian jalan menuju Jakarta.

Naik bus dari basecamp patak banteng menuju terminal wonosobo, di sana kami beli tiket bus menuju jakarta. Sesampainya kami di jakarta pagi hari. Senin 15 oktober 2018.

SEKEDAR INFO :

Disarankan untuk teman teman yang ingin pergi mendaki puncak prau, di usahakan jangan sampai transit seperti kami, karena akan memakan banyak biaya transport. kalau dari terminal Kp.rambutan beli tiket menuju Terminal wonosobo, lihat jadwal kebernagkatan bus, sesampainya di terminal wonosobo naik bus kecil menuju dieng, di pastikan jangan terlalu malam ya guys, karena ga ada transportasi menuju ke sana.

kalau ingin naik kereta, naik kereta dari stasiun terdekat di wilayah kalian, turun di stasiun purwokerto, karena di wonosbo tidak ada stasiun, kemudian, naik bus menuju terminal wonosobo, dan naik bus kecil menuju basecamp patak banteng.

Untuk konsumsi, kita bawa 1 kompor outdoor dan 3 gas Hi - Cook. Kami masak nasi dan sayur sop saat dini hari, dan paginya masak mie instan dengan sosis dan otak - otak. Gas nya cuma kepake 1, itupun masih ada isinya, jadi daripada dibuang mending kita bawa balik, niatnya sih mau ngasih ke orang yang pengen ke puncak tapi mereka juga udah nyiapin gas mereka.

TIPS :

Tipe orang kan beda - beda nih, ada yang gini ada yang gitu, gue orangnya gampang masuk angin, jadi untuk menghindari  boker (BAB), gue konsumsi tolak angin selama perjalanan berangkat sampe ke puncak Gunung Prau. Di puncak Gunung Prau, gue juga tetep ngunyahin tolak angin sama entrostop. haha

Kenapa gitu? karena lo itu di alam (outdoor) ribet kan kalo pengen boker, gak masalah sih klo lo pengen boker, tapi lo pikir deh diatas itu bukan cuma lo doang. Kalo orang yang boker lebih banyak ya bikin kurang asik aja, beda cerita ya kalo BAK.

Sehari aja tuh lo konsumsi entrostop biar ga boker di puncak, begitu turun baru deh lo keluarin, jangan kasih ampun. haha!

Okay lah, jadi itu pengalaman kita - kita orang saat nanjak ke Gn. Prau. Kalian jangan pada bosen ya mantengin blog ini, karena sebulan sekali kita bakal pergi ke alam. cailah. Dan pastinya bakal kita posting di blog ini. Ciao!

Seru - seruan ke Gunung Prau! Seru - seruan ke Gunung Prau! Reviewed by MR.ZxxxZ on October 18, 2018 Rating: 5